FathanNews- Pangeran Arab Saudi Mohammad bin Salman Al Saud dituduh sebagai penyebab terjadinya Tragedi Mina yang menewaskan ratusan orang jemaah Haji di Mina 24 September 2015. Kehadiran putra Raja Salman itu diduga menyebabkan kepanikan yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut.

Konvoi dari Mohammad bin Salman Al Saud, anak raja dan putra wakil putra mahkota Arab Saudi yang beranggotakan 350 personel keamanan, melaju menembus kerumunan jemaah yang bergerak ke arah lokasi lempar jumrah dan menyebabkan kepanikan pada jutaan jemaah yang bergerak ke arah yang berlawanan sehingga menyebabkan tragedi,” demikian ditulis beberapa media Arab yang dilansir oleh Fars News Agency, Jumat (25/9/2015).

Tuduhan tersebut menyebabkan munculnya tekanan bagi Pemerintah Kota Makkah untuk menjauhi kasus mengenai Tragedi Mina dan melimpahkan keputusannya kepada Raja Salman.

Tidak ada sumber lainnya yang dapat diminta keterangan mengenai benar tidaknya dugaan ini. Namun, beberapa pengamat menilai informasi tersebut dapat menjelaskan mengapa dua jalan yang seharusnya digunakan untuk menuju lokasi lempar jumrah ditutup.

Saksi mata membenarkan adanya penutupan dua jalan utama menuju ke lokasi lempar jumrah yang dilakukan petugas keamanan Arab Saudi sebelum salah satu ritual haji itu dilakukan. Penutupan itu bahkan dilakukan terhadap semua jalan ke lokasi setelah tragedi yang menewaskan 717 jemaah terjadi.

0 comments:

Post a Comment

 
Top